Bayam Sayuran Penuh Gizi dan Manfaat

bayam, sayuran penuh gizi, dan manfaat bayamTanah yang subur yang ada dilingkungan kita memang layak untuk dimanfaatkan dengan menanam beraneka ragam tanaman terutama yang memberikan manfaat bagi kita. Jika kita melihat di lingkungan pedesaan kebanyakan memanfaatkan pekarangan yang ada dengan tanaman konsumsi yang salah satunya yaitu bayam. Tanaman bayam sendiri ternyata memiliki manfaat yang luar biasa karena memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Bayam banyak mengandung zat yang bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung beberapa zat eperti zat besi, vitamin, mineral, senyawa aktif, serta asam organik. Jadi dengan mengkonsumsi bayam secara teratur tentu kita akan mendapatkan manfaat yang luar biasa diantaranya :
  • Sangat baik untuk Saluran Pencernaan.
    Bayam merupakan sayuran yang kaya akan serat, sehingga dengan kandungan serat yang kaya akan memberikan efek menguntungkan terhadap usus kita. Jadi bagi anda yang saat ini sedang diet Bayam bisa anda masukkan terhadap menu diet Anda karena akan menjaga saluran pencernaan didalam tubuh kita.

  • Sebagai Penetralisir Efek Sodium
    Dengan kandungan Kalium yang ada pada bayam menjadikan sayuran ini akan menstabilkan tekanan darah jika kita mengkonsumsinya secara teratur. Kalium sendiri merupakan zat yang bermanfaat untuk menetralisir dampak buruk dari Natrium terhadap tubuh kita.

  • Sebagai Sistem Kardiovaskular
    Kandungan protein yang ada pada bayam juga mengandung beberapa komponen untuk memperlambat konversi peptida angiotensin I menjadi angiotensin II. Dimana Proses ini menjadikan pembuluh darah menjadi sempit dan tekanan darah meningkat. Kandungan Lutein yang ada pada bayam juga bermanfaat untuk mencegah pembentukan plak kolesterol dan mengurangi risiko aterosklerosis pembuluh, dimana faktor ini merupakan faktor utama pemicu hipertensi.

  • Sebagai Kesehatan Tulang dan Pencegah Perdarahan
    Kandungan vitamin K yang ada pada bayam juga sangat bermanfaat untuk tubuh kita, dimana Vitamin K memiliki tanggung jawab terhadap pembekuan aliran darah yang ada pada tubuh kita. Disamping itu bayam juga mengandung mineral lain, diantaranya fosfor, tembaga, seng, mangan, serta magnesium untuk menjaga tulang kita agar tetap kuat dan sehat selama mungkin, dan juga bisa membantu tubuh mempertahankan kalsium. Jadi dengan mengonsumsi bayam secara teratur akan mencegah dari osteoporosis.

  • Sebagai Antioksidan
    Bayam juga berfungsi sebagai pencegah terhadap penuaan dini serta resiko kanker, karena bayam mengandung Flavonoid. Senyawa tersebut berfungsi untuk mengurangi efek radikal bebas terhadap tubuh yang merusak kehidupan sel dan menyebabkan perkembangan tumor ganas.

  • Sebagai Kekebalan Tubuh
    Kandungan Vitamin A, C, E, D dan B yang ada pada bayam menjadikan sayuran ini sangat ideal untuk sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin tersebut merupakan garis pertahanan pertama yang akan membantu menjaga sel-sel kekebalan tubuh. Disamping itu, vitamin-vitamin tersebut akan memberitahu tubuh kita terhadap ancaman infeksi.

  • Sebagai Makanan terbaik untuk Diet
    Banyaknya kandungan nutrisi dan rendahnya kalori yang ada pada sayuran Bayam, menjadikan bayam layak dijadikan menu diet karena tidak akan menjadikan gemuk bagi yang mengkonsumsi secara teratur. (Genius Beauty/BOG)
Itu tadi beberapa manfaat yang ada pada bayam, semoga bermanfaat. Posting ini dikutip dari Kesehatan.Liputan6.com tentang "Alasan Bayam Baik bagi Kesehatan"

No comments:

Post a Comment