Ide Kreatif Menulis Konten di Blog

Ide Kreatif Menulis Konten di BlogDalam menuangkan ide kedalam sebuah posting tidak jarang kita sampai pada titik dimana kita kehabisan akal untuk menulis. Pada dasarnya bahan untuk membuat tulisan bisa didapatkan dari manasaja, seperti dari pengalaman kita sendiri, dari pengalaman orang lain, dari hasil cerita rekan kerja, dengan membaca berita terbaru dan lain sebagainya. Namun ada hal yang ternyata juga harus dipikirkan yaitu bagaimana membuat konten yang kita tulis diterima banyak orang...? Tentunya dengan penyampaian yang baik kedalam tata bahasa yang mudah diterima merupakans salah satu cara untuk menarik minat pengunjung.

Situs atau Blog disamping sebagai salah satu sumber informasi terbaru bagi banyak orang, ternyata juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis online. Karena dengan penyajian konten yang mengena situs/blog yang kita miliki bisa disisipi iklan yang bisa kita tawarkan kepada para pengunjung yang datang. Dari itulah banyak pemilik blog/situs bisnis yang berlomba-lomba menuliskan konten yang berkualitas, yang tujuanya jelas untuk menarik minat para para pencari informasi.

Dalam mencari ide memang dibutuhkan kreatifitas dan sumber inspirasi, dan berikut ini merupakan beberapa ide dalam menulis konten untuk blog kita yang saya kutip dari Majalah Komputek Edisi 769 Minggu ke 4 Maret 2012, yang mungkin bisa dijadikan sumber inspirasi :
  1. Memberitakan trend yang sedang berlangsung, caranya yaitu dengan memanfaatkan layanan Google Alret dimana kita bisa mengetikkan keyword yang sesuai dengan tujuan penulisan kita.
  2. Mengembangkan opini terhadap berita yang sedang populer, caranya dengan mengunjungi situs/blog berita yang menyajikan informasi terlaris dan selanjutnya review berita yang ada dengan cara pandang dan bahasa Anda sendiri dan jangan lupa jika sebagian besar tulisan yang ada memiliki kesamaan dengan blog yang ada jadikan referensi maka tuliskan link tautan darimana sumber infomasi tersebut anda dapatkan.
  3. Menyatakan penolakan terhadap opini yang terjadi, caranya dengan menuliskan alasan anda tentang penolakan yang ada tentunya dengan dasar yang dibenarkan.
  4. Menciptakan sebuah perdebatan, caranya dengan membuat sebuah opini yang isinya mengajak pengunjung untuk berdiskusi tentang suatu kejadian.
  5. Menulis Artikel dengan Keyword yang tepat, cara ini memang harus selalu diterapkan disetiap posting kita, dimana disetiap posting yang ada sebisa mungkin ada keyword yang biasa mengundang pengunjung untuk datang ke blog kita. Untuk mengetahui keyword apa yang membuat pengunjung datang ke blog kita, kita bisa memanfaatkan layanan Google Analytics untuk mengetahui keyword ada yang membuat pengunjung datang ke blog kita. Dari itu kita bisa memiliki ide tambahan untuk mengulasnya kedalam sebuah postingan.
  6. Menjawab pertanyaan yang masuk, hal ini biasa terjadi jika dari salah satu pengunjung ingin mendapatkan informasi yang lebih jelas dari apa yang kita tuliskan. Biasanya pengunjung menulis pertanyaan yang ada ke dalam kotak komentar, dari itu jika kita memberikan respon yang positif maka sudah bisa dipastikan pengunjung akan puas dan siap datang lagi ke blog/situs kita. Selain kotak komentar yang sudah tersedia, jangan lupa membuat menu contact us untuk memudahkan pengunjung berkomunikasi dengan Anda.
  7. Belajar menjadi wartawan atau reporter, dengan ini kita bisa belajar untuk menciptakan tanya jawab terhadap seseorang yang dianggap memeliki kelebihan dibidag tertentu untuk bahan posting diblog kita. Contohnya kita mewawancari seorang teman yang bekerja di salah satu perusahaan terkenal dengan menanyakan tentang motivasi apa saja yang membuat karyawan yang ada semangat dalam bekerja. Tapi jika Anda memiliki akses untuk mewancarai seorang selebritis yang terkenal maka itu merupakan poin plus bagi Anda.
  8. Menceritakan kisah sukses seseorang, caranya tentu dengan mencari informasi sebanyak mungkin terhadap kisah sukses seseorang dan jika memungkinkan Anda bisa mewawancari orangnya langsung untuk mendapatkan informasi yang lebih mengena.
  9. Menuliskan resensi tentang sebuah buku terlaris, hal ini bisa dilakukan jika Anda sudah membaca secara keseluruhan dari isi buku yang ada, sehingga bisa bercerita tentang pokok bahasan (cerita) dari buku yang ada.
  10. Meriview sebuah produk atau layanan, caranya dengan memberikan gambaran luas sehingga pembaca lebih memahami tentang sebuah produk atau layanan yang akan dipilih. Cara ini bisa diproses jika anda sudah memiliki pengalaman terhadap layanan tertentu dan jika berkaitan dengan sebuah produk tentunya Anda harus memiliki (minimal) pernah mencoba produk yang ada.
Itu tadi beberapa ide yang bisa dijadikan inspirasi untuk menumbuhkan inspirasi bagi Anda yang saat ini menemui kendalam dalam hal ide untuk membuat posting, semoga bermanfaat dan salam sukses untuk Anda semua. Bersambung....

Picture by pojok-inspirasi.110mb.com

No comments:

Post a Comment