Kebiasaan di Pagi Hari

Kebiasaan di Pagi HariSetiap orang tentu memiliki kebiasaan yang berbeda untuk menyongsong suasana dipagi hari. Rata-rata kegiatan yang biasa dilakukan setelah bangun pagi yaitu memasuki kamar mandi, ya... hal tersebut sudah wajar karena setelah bangun kita harus membuang air kecil, mencuci muka, gosok gigi dan lain sebagainya. Bagi seorang muslim waktu shubuh merupakan awal untuk memulai semua aktifitas, selain membersihkan diri seorang Muslim juga harus mempersiapkan diri untuk menunaikan ibadah Sholat Subuh.

Kebiasaan setiap orang memang berbeda-beda, yang jelas ada hal-hal yang perlu dilakukan untuk membiasakan diri untuk hidup sehat. Lari pagi atau jalan pagi, mungkin itu salah satu kebiasaan orang untuk memulai hidup sehat. Kedua aktifitas tersebut merupakan jenis olahraga yang sangat praktis tetapi memberikan effek yang sangat positif bagi kesehatan kita. Dengan membiasakan diri jalan pagi atau lari bersama keluarga juga akan menumbuhkan kebersamaan yang ada di keluarga kita, apalagi jika di sekitar tempat tinggal kita banyak yang melakukan hal yang sama, tentu juga akan menumbuhkan kebersamaan yang lebih luas lagi.

Ada beberapa hal yang biasa dilakukan disaat pagi hari dan kegiatan ini merupakan rutinitas yang sangat baik untuk dilakukan agar tubuh kita sehat selalu, contohnya seperti :
  • Jalan-Jalan Pagi Bersama,
    Sebagaimana tersebut diatas, aktifitas pagi yang difavoritkan adalah berjalan-jalan atau lari pagi bersama keluarga, teman, pacar atau anak istri karena banyak hal positif yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan kita seperti peningkat antibodi pada tubuh, mencegah datangnya penyakit seperti : Serangan Jantung, Stroke, Menurunkan Berat Badan serta Mencegah Kencing Manis, Mencegah Osteoporosis, Meredakan Encok pada Lutut dan banyak manfaat lain yang bisa kita peroleh dengan aktifitas sederhana tersebut. Aktifitas ini idealnya bisa dilakukan setiap hari dengan kisaran waktu kurang lebih 30-60 Menit.

  • Senam di Pagi Hari,
    Mungkin bagi sebagain orang masih teringat dengan aktifitas pada saat sekolah dasar dulu, dimana ada jadual rutin untuk melakukan senam bersama dengan lantunan music khas senam kesegaran jasmani. Jika dipikir hal ini ternyata merupakan ajaran kesehatan yang sudah diterapkan dari dini oleh guru-guru kita akan menjadi kebiasaan yang baik dimasa-masa yang akan datang. Aktifitas senam dipagi hari bisa dilakukan dengan mengikuti perkumpulan senam pagi di lingkungan Anda, tapi jika tidak ada, bisa dilakukan sendiri seperti dengan kegiatan peregangan otot mulai dari kepala, pundak, tangan perut sampai kaki dengan hitungan khas yang ada yaitu satu sampai delapan. hehehe... Digital Baca yakin Anda semua sudah paham dan bisa melakukannya :D

  • Membersihkan Rumah dan Pekarangan
    Tidak dihari Minggu saja melakukan tugas membersihkan rumah dan pekarangan rumah kita, karena kita bisa melakukannya setiap pagi hari. Misalnya aktifitas menyapu, membersihkan kendaraan yang kita miliki, mengepel lantai dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Kegiatan ini sangat besar manfaatnya karena secara tidak langsung kita menggerakkan tubuh untuk berkeringan disisi lain lingkungan dan rumah kita menjadi bersih.

Tidak semua orang melakukan rutinitas dipagi hari tersebut untuk hal-hal yang positif terutama untuk kesehatan, masih ada beberapa orang yang masih larut dengan mimpi-mimpi yang indah sehingga enggan untuk bagun dipagi hari. Selain itu juga ada orang yang setelah bangun pagi dan melaksanakan kewajibannya melanjutkan mimpinya lagi alias masih mengantuk. Pada dasarnya tergantung diri kita masing-masing apakah mau membiarkan diri kita sehat atau tidak, jadi Andalah yang menentukan mana yang terbaik untuk Anda dan keluarga Anda. Just Sharing.... :)

1 comment: